Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Rabu, 14 November 2012

Hal-hal Yang Menyebabkan Wudhu Kita Batal

Penting untuk kita ketahui apa saja hal-hal yang menyebabkan wudhu batal, karena dengan mengetahui apa saja hal yang membatalkan wudlu maka diharapkan kita selalu mengetahui apakah kita masih memiliki wudhu atau tidak jika ingin menjalankan sholat. Hal penting lainnya yang patut kita ketahui tentang wudlu yaitu fardhu wudhu dan syarat sah wudhu.


Hal-Hal Yang Menyebabkan Wudhu Batal

Okey, sekarang kita bahas terlebih dahulu apa saja yang dapat membuat wadhu kita batal atau tidak sah, mungkin anda juga sudah pernah belajar tentang hal ini, namun sesama umat muslim tidak ada salahnya kita mengingatkan teman-teman lain yang mungkin lupa.

  1. Bersentuhan kulit secara langsung tanpa ada penghalang antara laki-laki dan perempuan yang sudah sama-sama dewasa. Perlu di ingat yang dimaksud disini adalah laki-laki dan perempuan yang tidak ada hubungan mahram.
  2. Hilang akal untuk sementara, misalnya karena tertidur. Mengapa orang yang tidur sejenak wudhunya batal? Alasannya karena orang yang tidur maka qubul maupun duburnya terbuka, kecuali orang yang tidur sambil duduk maka wudhunya tidak batal karena lubang dubur terhalangi atau tertutup.
  3. Keluarnya sesuatu dari qubul (kelamin) atau dubur (anus) baik itu cairan atau benda apapun kecuali mani. Hal ini membatalkan wudhu karena semua yang keluar dari qubul dan dubur biasanya merupakan najis, kecuali mani.
  4. Menyentuh qubul maupun lingkaran dubur milik sendiri atau orang lain dengan jari atau telapak tangan bagian dalam. Kita dapat menyentuh bagian tersebut dengan punggung tangan misalnya, maka wudhu kita tidak batal.

Nah beberapa hal diatas merupakan point penting yang perlu kita ketahui agar wudhu tidak batal. Semoga dengan sedikit penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan kita, dan bila ada kesalahan mohon untuk koreksinya ya.

0 komentar:

Posting Komentar